Thursday, March 16, 2006

ONDE-ONDE... tambane lambe... Edisi Ulangan

Aku emang suka snack tradisional ini... dan onde-onde favoritku adalah "Onde-Onde HTS"... Menurutku "Onde-Onde HTS" emang belom ada yang ngalahin... Udah enak, garing, gede lagi! Trus berhubung beberapa bulan ini aku ngidam makanan tradisional negaraku sayang... Akhirnya aku memberanikan diri untuk mencoba resep yang dikasih oleh mbakku yang emang jago masak dan bikin kue *anyway dia dapet juga dari buku resep SEDAP, katanya* Dulu emang aku pernah praktek sekali, tapi hasilnya di "luar dugaan" alias menyerap minyak buanget! Taunya resep baheulaku itu emang "salah total"... Nhaa kalo onde-ondeku edisi paling gress ini, gak kalah-kalah banget lah ama Onde-Onde HTS yang aku sebutin diatas... *Frreessshhh from my own kitchen lhoo! Seddaaaappp* Oya, masih mengenai dunia per-onde-onde-an, aku jadi teringat anekdot dari Bapakku yang emang kocak banget itu. Beliau dulu sering "mendongeng" kami (anak-anaknya.red) dengan anekdot ini saban kali nyangkut masalah onde-onde.
Bapak: "Tau tidak, waktu dulu zaman kita dijajah sama Belanda... Orang Belanda itu sampe heran banget sama orang Indonesia kalo liat makanan tradisional kita, Onde-Onde." Anak-anak: "Memang kenapa, Ak?"(Kami biasa memanggil "Bapak" dengan sebutan "AAK" yang mungkin menurut sebagian suku di negara asal kami sangat janggal. Anyway, itu "AAK" dulunya juga dari "BAPAK" tapi karena mbakku ato masku waktu itu masih cadel, akhirnya jadi "AAK".red) Bapak: "Iyya, mereka bilang: Hebat yaa orang Indonesia ini. Telaten banget bisa nempelin biji wijen satu-satu di kue yang mereka namakan Onde-Onde ini." *GGGGEEERRRRR*
Resep Onde-Onde
Courtesy: Majalah SEDAP (katanya)
Bahan:
250 ml air mendidih
75 gram gula pasir
1/4 sdt garam
420 gram tepung ketan (bhs. Inggrisnya: glutinous rice starch)
15 gram tepung kanji (bisa pake tapioca starch atawa potato starch)
100 gram wijen
Secukupnya minyak, untuk menggoreng
Biang:
1 1/2 sdm tepung kanji
75 ml air biasa
Isi:
100 gram kacang hijau kupas, direndam 2 jam
75 gram gula pasir
1 lbr daun pandan
40 ml santan kental
1/8 sdt garam
Cara membuat adonan isi:
1. Kacang hijau yang telah direndam selama 2 jam, dikukus hingga matang.
2. Setelah matang lalu haluskan
Tips: Bisa pake blender atawa food processor... kalo mao ngulek, juga silahkan.
2. Gula, santan kental, daun pandan dan garam dimasak hingga gula larut.
3. Setelah gula larut, masukkan kacang hijau yang sudah dihaluskan. Aduk hingga adonan kalis. Matikan api. Angkat. Dinginkan.
Cara membuat bahan kulit:
1. Campur air mendidih, gula dan garam. Didihkan sebentar.
2. Siapkan tepung ketan dan tepung kanji dalam wadah lain.
3. Tuang larutan nomor 1 kedalam tepung ketan dan tepung kanji. Masukkan biang yang telah dilarutkan terlebih dahulu. Aduk sampai kalis.
4. Ambil adonan, timbang seberat 20 gram. Pipihkan lalu beri adonan isi. Tutup rata dan bentuk bulat. Setelah itu gulingkan pada wadah berisi wijen hingga adonan tertutup rata dengan wijen.
Tips: Wijennya jangan ditempel satu-satu, ntar kelamaan :D
5. Goreng onde-onde dengan api sedang yang sudah dipanaskan sampai kuning keemasan. Sesekali onde-ondenya ditekan-tekan supaya bentuknya tetap bulat.
Tips: Goreng dengan minyak banyak tapi tidak sebanyak menggoreng donat. Waktu menekan onde-onde, jangan ditekan terlalu kuat nanti bisa "pecah."
Selamat mencoba!!!

1 Comments:

At 11:30 am , Blogger Ellen Widyasari said...

glek..mau onde2nyaaa...resepnya dong,chie..

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home