Friday, May 12, 2006

DEBT DIET

Siang ini saya iseng-iseng nonton TV sembari nyuapin anak-anak. Cari-cari channel yang programnya asik. Eh pas jam tayangnya Oprah. Dulu sih saya memang gandrung juga nonton acara itu tapi sekarang TV jarang saya nyalain kecuali pas acara anak-anak saja atau berita.Wahh taunya topiknya menarik... sampai-sampai acara suap-menyuap agak tersendat... Topik Oprah di TV saya siang ini adalah tentang ::DEBT DIET:: Oke kita mulai aja ya... DEBT DIET Langkah I Pertama;kenali hutang Anda ::chart your debt:: Kedua; harus tau berapa ::credit score:: kita Ketiga; harus pandai-pandai memprioritaskan dana yang harus dikeluarkan ::prioritizing payment:: Langkah II Pertama; cari tahu ::latte factor:: Kedua; hitung latte factor dengan ::latte factor calculator:: Langkah III Pertama; bayar tagihan kartu kredit lebih dari jumlah minimum yang harus dibayarkan ::pay more than the minimum payments:: Kedua; cobalah untuk bernegosiasi dengan pihak bank untuk menurunkan suku bunga kartu kredit Anda ::negotiation conversation sample:: Ketiga; pelajari trik-trik mematikan perusahaan kartu kredit ::4 credit card companies' tricks:: Keempat; cari tahu ::DOLP:: Langkah IV ::stop spending:: Langkah V Pertama; kenali rencana pengeluaran ::spending plan:: dan ::spending plan worksheet:: Kedua; gunakan ::spending plan calculator:: Ketiga; jadualkan cek pembayaran ::assigning paychecks to expenses:: Langkah VI Pertama; pilihan-pilihan sulit yang kemungkinan harus dihadapi ::hard choices:: Coba gunakan ::personal jurnal1:: ::personal jurnal2:: untuk mensiasati kegundahan Kedua; jual aset yang bernilai jual ::selling assets:: Ketiga; coba cari tambahan penghasilan ::earning more:: Langkah VII Pertama; pandai-pandai memprioritaskan debit Anda ::prioritize your debts:: Kedua; tingkatkan ::credit score:: Langkah VIII Pertama; lakukan ::self assessment:: gaya belanja Kedua; tunda ::gaya belanja Entertainment:: plus ::gaya belanja Mood Repair:: plus ::tips:: Keempat; tahan ::gaya belanja Habit:: plus ::tips:: Kelima; tahan ::gaya belanja Impulse:: plus ::tips:: Keenam; tahan ::gaya belanja Compulsive Behavior:: plus ::tips:: Ini baru langkah awalnya. Mumet juga ya! Tapi gak ada salahnya dicoba... Nanti kalau perlengkapan perang saya sudah siap, saya akan labelkan chart di blog saya deh! Biar tetap semangat... dan semoga memang membantu rapinya program keuangan saya. Aamin. Note: Jika ada disebut-sebut tentang pentingnya credit score/rating, saya sama sekali tidak menganjurkan pembaca untuk bermain-main dengan kartu kredit. Bisa di-skip. Waspadalah... Waspadalah!!! Sumber: www.oprah.com

2 Comments:

At 8:27 pm , Anonymous Anonymous said...

jampi jampi dari saya utk debt diet :D eng ing enggggg..."ga usah bawa duit banyak" apalgi kartu2 kredit...cukup bawa Kartu Tanda Penduduk (takutnya ditangkep Kamtib lagi ;)). st... st... st..skrg di indo KTP ga laku buat ngutang lho :)
so far so good tuh buat saya tips ini. Pernah wkt di indo dulu, pas tkg krupuk langganan lewat, krupuk dah diterima duit 3000perak ajah ga ada...malu ga siiihhhh??? ("ga tuhhh :P")

 
At 9:17 pm , Blogger Mother of Abdullaah said...

Hehe itu tip yang sing wis lawas lagi jitu! Sipppp... lah :D

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home